Kamis, 07 Mei 2015

on 11 comments

Kisah Lama (1) : Indonesian Science Project (ISPO) 2012 - Our Project Was Beginning

Hello, kali ini Aku akan menceritakan sebuah kisah lama yang ga akan pernah aku lupakan seumur hidup yaitu pengalaman pertamaku ketika mengikuti ajang penulisan karya ilmiah yang berskala Nasional. Hal ini bermula kira2 pada akhir 2011 ketika itu Aku dan partnerku yang bernama Ulfa Herdira merasa tertarik untuk mencoba membuat suatu karya penulisan ilmiah, yang sebelumnya tidak pernah kami lakukan. Kami awalnya hanya ingin mencoba coba saja & tidak pernah berharap bahwa kami harus bisa langsung lolos ke tingkat nasional. Nah, pada saat kami sedang mencari ide untuk penulisan karya ilmiah kami, akhirnya kami sepakat untuk membuat sesuatu yang bersifat Rancang Bangun. Lalu pada keesokan harinya kami langsung memberitahukan kepada Ibu Hellyda Fitri tentang maksud & niat kami tersebut dan Ia langsung teringat tentang sebuah ide yang pernah ingin dilakukan oleh Abang kelas kami terdahulu, namun sudah keburu tamat sehingga akhirnya Ia mengusulkan kami untuk melanjutkan project tersebut. Kami pun lalu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan project tersebut dan selanjutnya langsung kami buat dalam bentuk percobaan.

Karya Ilmiah kami tersebut yaitu bertemakan Urban Farming , maksudnya kami lebih menitikberatkan kepada proses bercocok tanam bagi para orang yang tinggal di perkotaan & yang memiliki keterbatasan lahan sehingga menyulitkan mereka yang ingin melaksanakan penghijauan atau yang hanya sekedar ingin melaksanakan hobbynya. Kami menggunakan pipa bekas yang dibelah menjadi 2 bagian sebagai media tanamnya yang dibagian dasar pipanya kami buat berupa lubang atau celah kecil untuk pergantian air ketika nantinya akan disiram, lalu pipa-pipa tersebut kami rangkai pada sebuah balok kayu agar lebih memperindah bentuk & tampilannya . Sebelumnya, kami sudah melakukan percobaan penanaman terlebih dahulu dengan membandingkannya dengan lahan berukuran 2x2 meter. Kami memilih bibit cabai merah pada percobaan kali ini dengan alasan lebih cepat tumbuhnya dan pada akhirnya terbukti bahwa hasil panennya bisa hingga 2 kali lipat jika dibandingkan dengan yang hanya ditanam di lahan 2x2 meter.


\                
Ini dia yang namanya Ulfa Herdira :D

Bentuk konsruksi media tanamnya, sayangnya hanya ini yang tersisa, gambar yang lain udah hilang -_-

Lalu, setelah proses pembuatan konstruksi media tanamnya selesai, kami pun langsung membuat hasil project kami dalam bentuk seperti penulisan karya ilmiah pada umumnya, baik dari segi pendahuluan, rumusan masalah, metodologi penelitian dsb hingga diakhiri dengan kesimpulan. Judul karya ilmiah kami tersebut adalah "Optimalisasi Lahan Pertanian Sempit Dengan Menggunakan Pipa Bekas Sebagai Media Tanam Berbagai Tanaman Muda" . Setelah kami selesai dan sudah mengirimkan project kami tersebut , lalu pada sekitar awal februari 2012 kami pun dinyatakan lolos ke tingkat nasional setelah melihat pengumumannya di website Ispo tersebut. Senangnya begitu luar biasa rasanya ketika mengetahui hal tersebut, apalagi pas mengetahui ada 4 teman kami yang lain yang berasal dari 2 tim yang berbeda yang juga berhasil lolos. To be continue.......  

11 komentar:

  1. Luar biasa.. knp aku gak da di foto tu ndut? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan selanjutnya bang

      Hapus
    2. kau baca blog ku juga lah ndut.. klik iklan nya biar banyak duit :D

      Hapus
    3. Udah islami kali postinganmu -,- , klik yg manalah ndut, yg ada duitmu yg nambah. Eh, itu foto yg kubuat jadi header kok cuma jd sebagian gitu. bantuin perbaikinya lah -,-

      Hapus
    4. haahahahah biar berkah ndut :v gtw aku,dariscriptnya tu untuk ubh ukurn

      Hapus
  2. Sma kami msih bnyak fto nya sal.. dika gak muat 😜

    BalasHapus
  3. Maulah kirimkan yayayaya. Dari line , fb bisa . Tapi kalo mau dari email tolong kirim ke ahmadfaisal774@gmail.com . oke ?

    BalasHapus
  4. Lanjutin lagi sal penelitiannya,,jangan sampe di sma aja

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.