Rabu, 14 Oktober 2015

on Leave a Comment

Rugi Kalo Gak Sempet Nyicipin Hidangan Ikonik Di Negara-Negara Ini (Indonesia Inside)


"Jika saya berkunjung ke negara mu, satu hidangan apa yang gak boleh saya lewatkan untuk dicicipi?", Begitulah pertanyaan yang ada pada sebuah situs tanya jawab "Quora", di Thread ini dirangkum jawaban hidangan paling ikonik yang ada di masing-masing tanah air mereka yang tentu saja rugi kalo sampai dilewatkan jika kita berkunjung. Penasaran? Oke langsung cek:

1. Australia: Pie floater


Sering disebut-sebut sebagai obat pereda mabuk yang sempurna, Pie floater adalah pie daging ala Australia yang diletakkan dalam mangkuk berisi sup kacang hijau yang kental. Kadang-kadang di atasnya ditambahkan saus tomat, vinegar (cuka), garam dan merica.
“Pie floater sangat fantastis untuk dimakan pada musim dingin dan sebagai obat pereda mabuk" tulis salah satu member Quora: Kathryn B.

2. Austria: Wiener Schnitzel


Wiener schnitzel, dinominasikan oleh member Quora: Felix H, merupakan sayatan daging sapi yang sangat tipis, dilapisi tepung roti dan digoreng dengan minyak yang banyak. Biasanya disajikan dengan lemon dan peterseli, dan juga ditemani oleh kentang ataupun nasi.

3. Argentina: Asado


Asado adalah istilah untuk menggambarkan kelezatan daging panggang Argentina, steak panggang ala Argentina merupakan steak yang sangat lezat.
"Memang benar bahwa sebagian besar daging yang baik berada pada negara-negara pertama yang mengekspor daging, tapi saya dapat menjamin bahwa jika Anda memiliki 'Asador' (orang yang membuat Asado) yang baik, rasanya tak ternilai, terutama jika Anda berada di pedesaan”, tulis salah satu member Quora: Matias J.

4. Belgia: Moules-Frites


Moules-frites (kerang dan kentang goreng) mungkin tersedia di negara-negara lain seperti Perancis dan Amerika Serikat, namun kombinasi kelezatan dan rasa gurih berasal dari Belgia. Hidangan Kerang, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Valentin V., hidangan ini disiapkan dalam berbagai cara (dimasak dengan anggur, mentega, dan rempah-rempah, atau mungkin kaldu berbahan dasar tomat) dan disajikan dengan kentang goreng renyah yang asin. Lengkapi hidangan ini dengan pencuci mulut berupa bir Belgia yang menyegarkan.

5. Brasil: Feijoada


Brasil adalah negara besar dengan masakan bervariasi sehingga sulit untuk memilih satu hidangan, namun hidangan Brasil yang paling ikonik mungkin adalah Feijoada, sup kacang hitam dengan daging sapi dan daging babi asap.
Biasanya disajikan dengan nasi, daun collard hijau, farofa (tepung ubi panggang), saus pedas, dan irisan jeruk untuk membantu pencernaan.

6. Kanada: Poutine


Berasal dari Kota Quebec, Kanada, Poutine adalah makanan lezat ber kalori yang akan menghangatkan Anda dari dalam tubuh. Makanan ini berisi kentang goreng yang di atasnya diberi saus coklat dan potongan keju yang lunak. Salah satu member Quora: Josianne C. menominasikan hidangan lezat ini.

7. Cina: Xiaolongbao


Sulit untuk memilih hanya satu hidangan untuk sebuah negara besar dan beragam seperti Cina, namun, Xiaolongbao (sup pangsit) tentu salah satu makanan paling berkesan di negara ini. Berasal dari Kota Shanghai, Cina, pangsit ini biasanya diisi dengan beberapa jenis daging dan sup berkaldu yang dikukus dalam keranjang bambu.

8. Kroasia: Paški sir cheese


Paški sir adalah keju Kroasia keras yang terbuat dari susu domba. Keju ini dibuat di pulau Pag, keju ini begitu terkenal hingga diekspor ke seluruh dunia.
"Saya tinggal di Kroasia, kami memiliki keju terbaik di dunia, hidangan ini berasal dari pulau bernama Pag," tulis salah satu member Quora: Andrija D.

9. Mesir: Molokhia


Molokhia, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Amaani S., disajikan di seluruh Afrika Utara, tetapi sangat populer di Mesir di mana selama ini diyakini bahwa hidangan ini berasal dari Mesir. Versi hidangan Mesir menggunakan daun Molokhia (sejenis sayuran pahit) yang dilepas dari batangnya, kemudian dicincang halus dan dimasak dengan ketumbar, bawang putih dan kaldu. Hidangan ini pada umumnya disajikan dengan daging ayam atau daging kelinci, atau mungkin dengan daging domba atau ikan.

10. Inggris: Roast Beef & Yorkshire Pudding


Daging sapi panggang dan Pudding Yorkshire, yang dinominasikan oleh salah satu member Quora: Godfrey M., dianggap sebagai hidangan nasional Inggris. Hidangan daging panggang dengan saus (gravy) rasa daging dengan roti setengah masak (doughy bread) yang masih panas.

11. Georgia: Khachapuri


Khachapuri, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Otar C., merupakan roti kenyal gurih yang diisi dengan gelembung keju atau telur dari Georgia, negara kecil Eropa Timur.

12. Holland: Soused herring


Soused herring Merupakan hidangan ikan Herring filet mentah yang telah dimarinade dengan cara direndam dalam cairan yang terdiri dari cider (minuman beralkohol yang berasal dari jus buah apel yang telah difermentasi), anggur, gula, herbal dan atau rempah-rempah. Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Martijn S., cocok dikonsumsi bersama roti panggang segar dan di atasnya ditaburi dengan irisan bawang putih.

13. India: Tandoori Chicken


Di India, masakannya sangat bervariasi tergantung pada daerahnya, sehingga hampir tidak mungkin untuk memilih hanya satu hidangan untuk mewakili negara ini. Di bagian utara, hidangan yang lebih dominan berupa daging-dagingan yang kaya akan kuah kari dan roti yang beraneka macam rasa. Sedangkan pada bagan selatan memiliki jenis hidangan vegetarian dan juga terkenal akan rempah-rempahnya. Ada banyak perdebatan tentang hidangan yang terbaik di India pada situs tanya jawab Quora, tetapi jika harus memilih hanya satu hidangan India yang paling ikonik, maka jawabannya adalah Tandoori Chicken. Hidangan ini terdiri dari ayam yang dibumbui dengan tandoori masala dan dipanggang dalam "tandoor", yaitu sejenis oven berbahan dasar tanah liat. Hidangan ini sering disajikan dengan sayuran, saus yoghurt, dan nasi.

14. Indonesia: Martabak Manis/Terang Bulan


Martabak Manis adalah hidangan berupa pancake tebal ala Indonesia dengan rasa manis.
"Bagian atas dan bawah pada dasarnya berupa spons pancake, sementara pada bagian tengah nya bisa apa saja yang rasanya manis sesuai keinginanmu, mulai dari taburan cokelat dengan parutan keju dan potongan kacang atau bahkan potongan pisang!" tulis salah satu member Quora: Jerry A. "Tapi, satu hal yang pasti, hidangan ini sangat lezat!". Anda dapat membelinya dari pedagang kaki lima di sekitar Indonesia.

15. Italia: Pizza


Di Italia sangat mudah untuk menentukan hidangan paling ikonik, ya tentu saja Pizza, dinominasikan oleh slah satu member Quora: Maria G. Pizza berasal dari Italia, dan Naples, sebuah kota di Italia selatan yang merupakan tempat kelahirannya. Pizza ala Neapolitan bersifat kenyal, renyah dan di atasnya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti tomat segar, buffalo mozzarella, basil, dan sejumlah daging.  Di sini, Pizza adalah seni dan Pizzaiolas adalah seniman.

16. Jepang: Katsudon


Sushi mungkin tampak seperti pilihan yang jelas untuk hidangan Jepang yang paling ikonik, namun salah satu member Quora: Makoto W., yang tinggal di Tokyo, menulis bahwa Katsudon tidak boleh terlewatkan apabila berkunjung ke Jepang. Katsudon merupakan hidangan berupa potongan daging babi yang digoreng renyah, diatasnya diberi tambahan telur yang telah dicampur dengan condiment (sejenis saus pedas), disajikan di atas semangkuk nasi.

17. Malaysia: Nasi Lemak


Nasi lemak merupakan hidangan yang terdiri dari nasi yang dimasak dalam santan dan daun pandan. Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Shixian T.
Hidangan ini disajikan secara tradisional dengan dibungkus daun pisang dan sering disertai dengan sambal cabai, ikan bilis (teri), kacang, dan telur rebus. Banyak orang juga percaya hidangan ini dapat meredakan mabuk.

18. Meksiko: Mole Sauce


Mole Sauce, hidangan yang dibuat menggunakan hingga 100 bahan, yang dinominasikan oleh salah satu member Quora: Flor I., adalah salah satu saus yang paling kompleks dan paling beraroma di dunia, menghasilkan saus yang kaya rasa, kental, berwarna kecoklatan dan pedas.
Hidangan ini berasal dari wilayah Puebla dan Oaxaca, namun Anda dapat menemukannya di seluruh Meksiko, biasanya Mole Sauce disiram di atas ayam atau Enchilada (sejenis roti tortilla gulung).

19. Norwegia: Rakfisk


Rakfisk adalah hidangan ikan air tawar “trout” yang telah mengalami proses pengasinan dan difermentasi selama beberapa bulan. Kemudian bisa dimakan tanpa dimasak, seringnya ditemani dengan bawang dan krim asam.
“Musim dingin yang panjang di Norwegia telah menjadikan pengawetan makanan menjadi hal yang penting sebelum salju datang, makanan tradisional Norwegia lebih sering dibuat dengan cara diawetkan, Rakfisk atau ikan trout fermentasi merupakan hidangan yang sangat khas, yang tidak semua orang menyukai nya”, tulis salah satu member Quora: Hans Christian H.

20. Filipina: Adobo


Adobo mungkin adalah rempah-rempah yang populer, namun di Filipina Adobo adalah hidangan yang menampilkan beberapa jenis daging (daging babi atau ayam) yang dimasak menggunakan cuka (vinegar), kecap, bawang putih, dan minyak, biarkan termarinade selama beberapa waktu agar bumbunya meresap. Hidangan ini sangat populer sehingga beberapa menyebutnya hidangan nasional dari Filipina. "Rasanya seperti meledak, hanya itu yang bisa saya katakan" tulis salah satu member Quora: Raymund M.

21. Portugal: Francesinha


Francesinha (yang berarti "Frenchie kecil") adalah sandwich Portugis diolah dengan roti, ham, linguica (sosis babi asap), dan steak yang atasnya diberi lelehan keju dan disiram dengan saus tomat.
Sandwich ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Augusto E., Sandwich ini adalah hidangan terbaik yang disajikan dengan kentang goreng dan bir dingin.

22. Rumania: Sarmale


Sarmale pada dasarnya berupa lembaran daun acar kubis yang diisi dengan campuran nasi dan daging cincang berbumbu. Hidangan ini dikonsumsi selama musim dingin dan sangat populer di Rumania.
"Hidangan ini wajib dicicipi!" tulis salah satu member Quora: iane C.

23. Arab Saudi: Kabsah


Salah satu member Quora : Rafif F. menominasikan kabsah, hidangan nasi beraroma yang dibuat dengan banyak rempah-rempah, seperti cengkeh, kapulaga, kunyit, kayu manis, merica, pala, dan daun salam. Hidangan ini biasanya dicampur dengan daging dan sayuran, disajikan secara berlimpah.
Anda dapat menemukannya di seluruh Timur Tengah, namun hidangan ini sangat populer di Arab Saudi.

24. Rusia: Borscht


Salah satu member Quora: Nikita B., mengatakan bahwa setiap pengunjung yang datang ke Rusia "wajib" untuk mencoba Borscht, sup yang terbuat dari akar buah bit. Hidangan ini pada umumnya disajikan dingin (meskipun bisa juga disajikan panas) dan sering di atasnya diberi sesendok krim asam. Dia menyarankan untuk menikmati hidangan ini ditemani dengan Vodka Rusia klasik.

25. Skotlandia: Smoked salmon on brown bread


“Salmon asap adalah hidangan wajib di Skotlandia”, tulis salah satu member Quora: Derek H.
Hidangan Salmon asap disajikan dengan perasan lemon segar dan menyantapnya bersama roti cokelat sederhana dengan tambahan mentega atau krim keju.

26. Slovakia: Bryndzove Halusky


Bryndzove Halusky adalah hidangan pangsit kentang kecil yang disajikan dengan keju susu domba (bryndza) yang lembut dan daging babi asap. Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Lukas T.

27. Slovenia: Kranjska Klobasa


Kranjska Klobasa adalah sosis babi Slovenia yang mirip dengan kielbasa, tapi agak kecil.
Hidangan ini dibuat dengan bahan daging babi (sekitar 20% berupa daging asap), garam, merica, air, dan bawang putih, itu saja. Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Martina G.

28. Afrika Selatan: Biltong


Biltong adalah jenis daging peram (daging yang diawetkan menggunakan garam)dari Afrika Selatan. Hidangan ini dapat dibuat dengan bahan daging sapi atau daging buruan seperti burung unta.
"Ini adalah dendeng versi Afrika Selatan, namun dibandingkan dengan dendeng biasanya, yang ini sungguh mengagumkan, irisan daging asin berbumbu, kering, benar-benar lezat, minta tolong kepada penduduk setempat untuk menunjukkan lokasi terbaik untuk mendapatkan hidangan ini, karena di setiap lokasi kualitas rasanya dapat bervariasi", tulis salah satu member Quora: Alan B.

29. Korea Selatan: Banchan


Hidangan tradisional di Korea Selatan terdiri dari begitu banyak mangkuk kecil, hampir tidak mungkin untuk mencicipi semuanya. Namun demikian, masyarakat Korea menyukai Banchan, yang berarti mangkuk-magkuk kecil yang disajikan dengan nasi dan dimakan secara bersama. Mangkuk kecil tersebut mungkin berisi kimchi (kubis/sawi putih pedas yang difermentasi), guk (sup), gochujang (cabai berbumbu yang difermentasi), jiggae (sejenis daging atau sayuran rebus).
"Kunjungilah Restoran 'han jeong sik' di Korea yang pada dasarnya adalah sebuah restoran yang menyajikan hidangan satu set lengkap, ini benar-benar makanan tradisional Korea", tulis salah satu member Quora: Jay K.

30. Spanyol: Jamón Ibérico


Jamón Ibérico, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Miguel M., hidangan in berupa daging ham peram gurih yang dipotong dari kaki belakang babi. Ini adalah hidangan ikonik Spanyol terbaik yang disajikan dengan segelas anggur hangat, roti kering, dan zaitun.

31. UEA: Shawarma


Shawarma, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Rohit M., adalah salah satu dari beberapa makanan yang terjangkau di UEA yang serba mahal, itulah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa makanan ini tetap menjadi salah satu hidangan yang paling populer di negeri ini.
Hidangan ini berupa sandwich roti pita yang diisi dengan daging panggang suwir (biasanya campuran antara daging domba, ayam, kalkun atau daging sapi) dan sayuran. Di atasnya sering ditambahi dengan tahini, hummus, atau saus pedas.

32. Ukraina: Varenyky


Salah satu member Quora: Denis M. menominasikan Varenyky, atau pangsit diisi dengan kentang tumbuk, keju, kubis fermentasi, kol, atau daging. Hidangan ini dapat disajikan dengan direbus atau dikukus, dan biasanya di atasnya ditaburi salo goreng (lemak babi) dan bawang, bersama dengan smetana (krim asam).

33. USA: Hamburger


Amerika Serikat begitu luas dan masakannya sangat bervariasi, hampir tidak mungkin untuk memilih hanya satu hidangan terbaik dari masakan Amerika. Namun jika benar-benar harus ditentukan, sepertinya semua setuju apabila hamburger Amerika adalah jawabannya, terlebih apabila disajikan bersama kentang goreng renyah dan milkshake hangat.

34. Venezuela: Pabellon criollo


Pabellon criollo, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Nana D., hidangan ini terdiri dari nasi putih dengan kacang hitam rebus, dan "desmechada" yaitu daging suwir.
Hidangan ini sering disajikan dengan telur goreng dan pisang goreng.

35. Wales: Clark's Pies


Salah satu member Quora: Alan S. menominasikan Clark's Pies. Hidangan ini lebih disukai dengan sebutan "Clarkies" atau "Clarksies," yaitu berupa pai dengan daging gurih yang berasal dari daerah Cardiff, Wales. Pai ini yang dibuat dengan resep rahasia, biasanya mengandung daging, sayuran, dan saus (gravy).

Sumber :

http://www.kaskus.co.id/thread/561c922154c07a51368b456e/?ref=homelanding&med=hot_thread

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.